Liga Desa Nusantara 2019


Nagari Koto Berapak,

Gelaran Liga Desa Nusantara (LDN) 2019 seri Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) berakhir di lapangan sepakbola Koto Berapak, Kec. Bayang, dengan pemenangnya Tim Sepakbola Desa/Nagari IV Koto Hilie Kec. Batang Kapas yang mengalahkan Nagari Painan (1-0) di partai pamungkas pada Sabtu (10/8).   

Di hadapan Bupati Pessel, Hendra Joni, gol semata wayang yang mengantarkan IV Koto Hilie ke putaran final seri Provinsi Sumbar itu, diciptakan Sefriandi, di pertengahan babak kedua. 

Kemenangan IV Koto Hilie yang turut disaksikan Herman Pulalo, eks. Pemain PS. Semen Padang dan Timnas Indonesia 1987-1990 an serta Dian Rama Saputra, pelatih Semen Padang FC U18, langsung dapat apresiasi bonus uang pembinaan dari Hendra Joni sebesar Rp.7,5 juta. Selain itu juga menerima Piala Tetap plus uang Rp.3juta dari panitia pelaksana. 

Dalam sambutannya menutup resmi LDN 2019 seri Kab. Pessel, Hendra Joni mengatakan terhibur dengan aksi-aksi pemain kedua tim finalis yang bermain sama bagusnya. Baik tim IV Nagari Koto Hilie maupun Painan telah menampilkan permainan yang menarik serta menghibur. 

Karena itu, dirinya menyanjung penyelenggaran hajatan Kemendes PTT ini yang telah bisa mewadahi unjuk kemampuan talenta talenta sepakbola usia muda di seluruh Indonesia. 

"Maksud dan tujuan diadakannya tentu Indonesia butuh bibit-bibit pemain. Inilah yang kita harapkan, akan muncul dari sini. Untuk ini, tahun depan, Pemkab Pessel akan meningkatkan lagi bonus untuk juaranya," ujarnya. 

"Kepada pelatih IV Koto Hilie, juara Pessel yang bermain di putaran Provinsi Sumbar. Latih kembali pemain-pemainnya lebih giat lagi. Agar Pessel mampu berprestasi dan mewakili Sumbar ke nasional," sambungnya. 

"Saat ini yang ikut baru beberapa nagari. Yang di bagian Selatan Pessel, ini terlalu jauh tempatnya. Tahun depan kita akan adakan dua zona. Zona Utara dan Zona Selatan. Nanti finalnya kita dakan di Painan," terangnya.

Di sisi lain, Hendra Joni bahkan mengatakan dengan tingginya antusias anak-anak muda di Pessel, dia berencana akan membangun stadion baru di Pessel. 

"Olahraga ini sangat luar biasa sekarang. Di Painan memang sudah ada Stadion H. Ilyas Yakub. Tapi kita wacanakan bangun stadion lagi, yang bagus. Biar sepakbola kita nanti bisa berkembang cepat maju dengan banyaknya lapangan-lapangan sepakbola," tegasnya.   

Sementara itu Koordinator Wilayah LDN 2019  Provinsi Sumbar, Renol Fadli mengucapkan terima kasih dan salut kepada panitia lokal, pemuda-pemudi Koto Berapak, Kec. Bayang yang telah bekerja keras sukseskan pelaksanaan di Kab. Pessel.

Kemeriahan penyelenggaraan seri Kab. Pessel mampu menyedot masyarakat setiap sorenya hadir ke lapangan mendukung dan menyaksikan dengan tertib seluruh pertandingan sampai final dan penutupan. 

"Saya menghaturkan terima kasih kepada panitia lokal yang telah kerja keras dan melaksanakan Liga Desa disini dengan baik dan lancar. Semuanya bisa saling bekerjasama dalam menyajikan pertandingan sepakbola sesuai aturan dan regulasi yang benar," ucapnya sehabis penutupan yang diamini Kadis PMDPPKB Pessel, Hamdi. 

Munculnya tim sepakbola nagari IV Koto Hilie sebagai pemenang LDN 2019 seri Kab. Pessel, menambah jumlah tim yang akan berlaga di putaran final Provinsi Sumbar yaitu, Nagari Padang Ganting Kab. Tanah Datar, Nagari Talang Kab. Solok dan Nagari Taram Kab. Limapuluh Kota. 

"Sudah ada 4 tim yang akan bertarung mencari juara Sumbar. Tinggal satu slot lagi dari pemenang dari seri Kab. Padang Pariaman yang akan memulai pertandingannya pekan depan," tutup Palek, sapaan familiarnya. (*)

Hasil Pertandingan Terakhir :    
- Perebutan juara 1/2 : IV Koto Hilie (1-0) Painan
- Perebutan juara 3/4 : KBKA (0-2) waktu normal (0-0) 

PEMENANG seri Kab. Pessel  
Juara 1 : Nagari IV Koto Hilie Kec. Batang Kapas, Piala + Rp.3juta
Juara 2 : Nagari Painan Kec. IV Jurai, Piala + Rp.2,5juta 
Juara 3 : Nagari Kapuah Kec. Koto XI Tarusan, Piala + Rp.2juta
Juara 4 : Nagari KBKA, Piala + Rp.1juta

PEMENANG LDN 2019 seri Kabupaten di Provinsi Sumbar
Kab. Pessel : Nagari IV Koto Hilie
Kab. Tanah Datar : Nagari Padang Ganting
Kab. Solok : Nagari Talang
Kab. Limapuluh Koto : Nagari Taram

Kab. Padang Pariaman : ............................

Sukses Menggelar Liga Desa Nusantara 2019, Program Kementerian Pedesaan Republik Indonesia diikuti 16 Nagari se- Kabupaten Pesisir Selatan, dilapangan Sepak Bola Nagari Koto Berapak Bayang, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni Menjanjikan hadiah Lebih besar gelaran LIga Desa Nusantara 2020. sabtu (10/8).

dikatakan Bupati saat menutup acra Liga Desa Nusantara Menberikan apresiasi pada pihak telah mengadakan Liga Desa Nusantara tahun 2019 di Nagari Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. hal ini mudah - mudahan akan muncul bibit sepak bola muda asal pesisir selatan yang bisa go Nasional dan Internasional.

"Pemkab Pessel kedepan juga akan membangun stadion sepak bola di Kecamatan Bayang, ini salah satu bentuk komitmen Pemkab Pessel untuk mendukung prestasi olah raga di Pessel", tegas Hendrajoni.

Hendrajoni menyampaikan, kedepan Liga Desa Nusantara melalui Dinas DPMDPPKB Pessel bisa mengadakan di dua zona, zona utara dan zona selatan, jadi seluruh Nagari bisa ikut dalam Liga Desa Nusantara Tahun 2020.

Pada tim yang berhasil meraih juara bisa terus mempersiapkan lagi pemain-pemainnya, terus berlatih sering bertanding dengan club lainagar nanti sebelum mewakili Kabupaten Pesisir Selatan ketingkat Provinsi. pembinaan sejak usia 16 seperti ini penting dalam mendukung bibit sepak bola asal Pesisir Selatan.

Liga Desa Nusantara ini di pantau dari Tim Scouting Semen Padang FC, saat ini turun lansung melakukan pemantauan di lapangan. mudah - mudahan kelak pemain Pessel terpantau, dan mampu mengharumkan Nama Kabupaten Pesisir Selatan.

 


Comments



Kirim Komentar